Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bab 5 Membuat Fil Animasi

 















Tujuan Pembelajaran 

  1. Menjelaskan persiapan pembuatan film animasi;
  2. Memuat objek pada program pencil;
  3. Menggerakan objek pada program pencil

     Masih ingatkah kamu dengan animasi manual yang pernah dibuat di kelas IV? Animasi manual itu tersusun dari kumpulan gambar dan kemudian digerakkan secara cepat. Itu merupakan contoh konsep dasar film animasi. Perkembangan teknologi kemudian memudahkan para konseptor film untuk mengembangkan ide-ide kreatif mereka. Dengan bantuan komputer dan perangkat lunak animasi, pembuatan gambar bergerak menjadi semakin mudah dan cepat. Hasil gambar animasi tersebut dapat kamu nikmati pada film-film kartun dan sejenisnya. 

     Coba kamu buat kembali animasi manual sederhana, Untuk temanya, kamu bebas memilih.

A.) Persiapan Pembuatan Film Animasi

     Untuk membuat sebuah film animasi diperlukan banyak persiapan. Persiapan meliputi peralatan sampai kebutuhan akan tenaga ahli. Peralatan yang dibutuhkan antara lain komputer, scanner, kertas, pensil, dan penghapus Kertas dan pensil diperlukan untuk membuat rancangan dasar dari animasi. Beberapa tenaga ahli yang dibutuhkan dalam pembuatan film animasi adalah sebagai berikut.

  • Scriptwriter atau penulis naskah adalah orang yang bertugas menulis naskah cerita. Scriptwriter merencanakan dialog dan menggambarkan Suasana.
  • Storyboard artist atau pembuat storyboard bertugas memetakan naskah cerita dari scriptwriter ke dalam bentuk visual, yakni dalam bentuk rangkaian gambar atau ilustrasi. Antara script dan storyboard harus saling mendukung.
  • Drawing artist atau ilustrator bertanggung jawab terhadap pembuatan gambar-gambar setiap frame dari keseluruhan film yang dibuat.
  • Produser bertanggung jawab untuk mengelola anggaran dalam pembuatan film animasi.
  • Sutradara bertanggung jawab terhadap keseluruhan aspek kreatif pada film

Wah, menarik, ya? Siapa di antara kamu yang bercita-cita menjadi sutradara Kau produser film?

Tahukah Kamu?

     Tahukah kamu bahwa animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika. Saat itu teknik stop motion animation banyak disukai Teknik ini menggunakan serangkaian gambar diam atau frame yang dirangkai menjadi satu dan menimbulkan kesan seolah-olah gambar tersebut bergerak Teknik ini sangat sulit. Teknik ini membutuhkan waktu dan juga biaya yang tidak sedikit. Untuk menciptakan animasi selama satu detik dibutuhkan 12 sampai 24 frame gambar diam. Stuart Blackton adalah orang Amerika pertama yang menjadi perintis penggunaan teknik stop motion animation ini. Beberapa film yang telah diciptakannya dengan menggunakan teknik ini adalah The Enchanted Drawing (1900) dan Humorous Phases of Funny Faces (1906).

 Sumber: http://argakencana.blogspot.com/2010/05/sejarah-him-animasi.html

http://en wipedia.org/wiki/ J_Stuart Blackton

B. Membuat Objek dan Menggerakkan Animasi

      Objek dapat memiliki aneka wujud, seperti bola, orang, hewan, dan lain-lain. Ketika membuat sebuah film animasi, kamu harus menentukan terlebih dahulu objek yang menjadi tokoh film animasimu.

      Siapa di antara kamu yang suka bermain bola? Coba perhatikan gerak pantulan bola tersebut. Pada latihan berikut ini, objek film animasi yang akan dibuat adalah sebuah bola.

      Animasi ini nantinya menggambarkan bola yang jatuh dari ketinggian tertentu, kemudian menyentuh lantai. Sesaat setelah menyentuh lantai, bola akan dipantulkan ke atas. Sampai pada ketinggian tertentu bola akan berhenti sesaat dan jatuh lagi. Demikian seterusnya.










































Posting Komentar untuk "Bab 5 Membuat Fil Animasi"