Bab 4 Mengenal Program Pembuat Animasi
- Menjelaskan Pengertian animasi;
- Mengenal Pencil sebagai program pembuat animasi
- Menjalankan program pembuat animasi pencil
- Menerangkan fungsi menu dan ikon pada pencil.
contoh diatas merupakan pembuatan animasi secara manual dengan lembaran-lembaran kertas. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, manusia manusia telah menemukan cara untuk membuat animasi dengan bantuan komputer. Teknologi komputer animasi membantu seorang animator membuat rangkaian gambar-gambar dikomputer secara mudah dan cepat.
B. Berbagai Program Pembuat Animasi.
Dengan kemajuan teknologi memungkin kita untuk membuat film animasi dengan cepat dan mudah. komputer dilengkapi dengan berbagai program pembuat animasi yang canggih.
Ada beberapa perangkat lunak atau software pembuat animasi. perangkat lunak diantaranya adalah SWISH, FLASH, PENCIL, dan PIVOT. Perangkat lunak flash dan swish adalah program pembuat animasi yang berbayar maksudnya disin berbayar adalah jika ingin menggunkan nya kita hurus membeli. Sedangkan Pencil dan Pivot adalah program animasi yang tidak berbayar maksudnya ialah kamu dapat mendownload diinternetsecara gratis.
Nah Kali ini kita akan mempelajari animasi dengan menggunakan Program Pencil.
C. Mengenal Program Pencil
Pencil adalah perangkat lunak open source untuk membuat naimasi. Apa itu perangkat lunak open source? Perangkat lunak open source adalah perangkat lunak yang dapat digunakan secara gratis dan dapat didownload diinternet secara gratis juga. Nah Program ini dapat berjalan pada sistem operasi windows, linux, atau macintosh.
Kemudian file animasi pada program pencil dapat disimpan dengan format ekstensi SWF/FLASH,MOV, dan PNG. Berikut ini adalah tampilan lembar kerja Pencil.
- Tools berisi berbagai macam perintah burpa ikon yang diperlukan untuk membuat dan mengatur objek
- Options berisi berbagai pilihan untuk mengubah warna, ukuran, dan ketebalan tepi garis sebuah ojek
- Time layaer merupakan komponen yang diperlukan untuk mengatur atau mengontrol jalan nya animasi. pada time line terdpat layer, keys, dan onion skin.
- Layer digunakan untuk menempatkan satu atau bebrapa objek dilembar kerja. Nah disetiap layer terdiri dari beberapa frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. semakin banyak frame dalam layer maka semakin lama animasi berjalan. kita bisa menambahkan layer seperti bitmap, vector, sound, dan camera.
- Onion skin berfungsi untuk melihat frame sebelumnya dan frame berikutnya.
- FPS atau Frame Per Second adalah jumlah ingkai yang ditujukan dalam satu detik untuk gambar bergerak. standar fPS adalag 12 fps sampai hingga 50 fps saja.
- Menu SAVE yang terdapat pada menu file fungsinya adalah perintah untuk menyimpan file yang kita kerjakan
- Menu COPY yang terdapat pada menu Edit fungsinya adalah untuk menyalin sebuah atau beberapa objek.
- Kaleng Cat yang berfungsi untuk mewarnai sebuah objek.
- Penghapus berguna untuk menghapus atau menghilangkan sebuah objek
Posting Komentar untuk "Bab 4 Mengenal Program Pembuat Animasi"