Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bab 7 Membuat Videoklip

 

Tujuan Pembelajaran
  1.  Mengeksport file program pencil ke format SWF
  2. Mengkonversi (mengubah) format SWF KE AVI
  3. Mengimport file animasi kedalam windows Movie Maker;
  4. Membuat videoklip sederhana;

Pada bab ini, kita akan belajar mengimpor file animasi yang telah dibuat di program Pencil ke dalam program Windows Movie Maker. Untuk itu. persiapan yang perlu dilakukan adalah:

  1.   Simpan (Save) semua file animasi yang telah kamu buat di program Pencil ke dalam format Flash/SWF
  2. Ubah semua file SWF ke dalam ekstensi avi dengan menggunakan program pengubah (converter). Ada banyak program pengubah format. Kita akan memakai program yang gratis/tidak berbayar. Salah satu program pengubah yang gratis itu adalah swftoavi. Kamu juga dapat menggunakan program lain jika memilikinya.
  3. Cek kembali apakah program Windows Movie Maker telah terinstal di komputer. Jika belum, kamu dapat mengunduh filenya terlebih dahulu di internet. Kemudian, kamu instal ke dalam komputermu.

Petunjuk:

1. Guru sebaiknya telah menginstal program-program di bawah ini di setiap komputer sekolah yang akan digunakan siswa.

 2. Untuk membuat klip video sederhana, kita memerlukan beberapa program berikut.

 a. Windows Movie Maker adalah program pembuat video sederhana yang sudah terinstal pada sistem operasi windows. Jika belum terinstal unduh file MM26_ENU.msi pada alamat http://www.microsoft.com/ en-us/download/details.aspx?id=34, kemudian instal dengan cara mengklik dua kali pada file tersebut.

 b. Swftoavi adalah program converter (pengubah) format dari swf (animasi) ke avi (video) yang gratis. Program swftoavi dapat diunduh di http://www.tucows.com/thankyou.html?swid=605076

 C. Pencil adalah program pembuat animasi sederhana. Program ini dapat diunduh di http://www.pencil-animation.org/.Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SD/MI Kelai Vt

 A. Mengekspor File Pencil ke SWF

      Pencil adalah program animasi sederhana. Agar file animasi yang telah dibuat di program Pencil dapat dijalankan, file tersebut harus dalam format SWF. Format SWF adalah format yang umum untuk animasi. File yang kamu buat di program Pencil belum dapat kamu putar/mainkan di program pemutar flash (flash player), Program flash player hanya dapat memainkan file yang berformat SWF. Oleh karena itu, file di program Pencil harus diekspor ke dalam format Flash/SWF

      Bagaimana caranya? Jangan khawatir, caranya cukup mudah. Kamu ikut saja kegiatan berikut ini agar dapat mengekspor file Pencil ke swf

 Tahukah Kamu?

      Tahukah kamu bahwa setelah teknologi komputer berkembang, bermunculanlah animasi yang dibuat dengan teknologi komputer. Animasi itu bermacam-macam jenisnya. Ada yang 2 dimensi (2D) dan ada yang 3 dimensi (3D). Pada animasi 2D, figur animasi dibuat dan diedit di komputer dengan menggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics. Animasi 3D lebih kompleks lagi, karena menambahkan berbagai efek, seperti efek pencahayaan, air, dan api.

 Tokoh yang dianggap berjasa besar mengembangkan film animasi adalah Walt Disney. Walt Disney banyak menghasilkan karya fenomenal, seperti Mickey Mouse, Donald Duck, dan Pinocchio. Walt Disney pulalah yang pertama membuat film animasi bersuara.

  Sumber:http://archive.kaskus.us/thread/4215661 

 dokumentasi: http://www.top39.com/2010/11/the-donald-duck/



 
















B. Mengubah Format SWF ke Format AVI

 Di kelas IV kamu telah belajar memasukkan file animasi ke program video. Kamu masih ingat nama program itu? Program itu adalah Windows Movie Maker. Program itu disediakan oleh Windows untuk membuat video sederhana

Untuk memasukkan file animasi, Windows Movie Maker hanya menerima file dengan ekstensi: avi, mpg, mlv, mp2, mp2v, mpeg. Jika tidak tersimpan dalam format seperti di atas, file animasi yang kita miliki tidak dapat dimasukkan ke program Windows Movie Maker. Dengan demikian, tentu saja file animasi tersebut tidak bisa dijadikan video. Untuk itu, kamu harus mengubah (mengonversi) file tersebut sehingga memiliki ekstensi yang sesua dengan Windows Movie Maker. Kamu dapat mengubah ekstensinya dengan menggunakan program converter (pengubah format). Salah satu program itu adalah swftoavi. Program ini gratis dan mudah digunakan.

 






















C. Memasukan Animasi Kedalam Windows Movie Maker
 
Nah, animasi buatanmu telah selesai dibuat kamu ubah menjadi format AVI. artinya file animasi kamu telah berubah menjadi format video. sekarang file animasimu sudah dapat dimasukan kedalam windows move Maker.
     di program windows Movie Maker, kamu dapat mengdit, menambahkan efek, dan menyisipkan credit atau title pada file animasimu. yuk. ikuti saja kegiatan berikut ini untuk mengetahuinya.



































































































































Demikian semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bab 7 Membuat Videoklip"