Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Program Pembuat Animasi, Materi Tik 1 kelas 6 semester 2

        Siapa diantara kalian yang perna menonton film "Finding Nemo"?. film finding nemo berkisa tentang seekor ikan badut yang mencari anaknya yang ditangkap nelayan. jika kamu belum tahu, kamu dapat mencari tahu ringkasan film ini melalui internet. mintalah bantuan orang tuamu.

film-film seperti ini finding nemo, upin ipin, happy feat adalah film yang dibuat dengan menggunakan teknologi komputer animasi. Nah, mengenai program animasi. kita akan mempelajari dan mengenal lebih jauh tentang program animasi tersebut.

A. PENGERTIAN ANIMASI

apakah itu animasi? Animasi membuat sebuah objek yang diam seolah-olah bergerak. Kata animasi berasal dari kata dasar "to animate" yang berarti menghidupkan.

Pada mulanya untukk membuat animasi film, seorang animator harus membuat dari lembaran - lembaran kertas yang berisi gambar. setelah itu, serangkaian gambar dalam kertas yang dijepit dan kemudian digerakan secara cepat seperti ketika kamu bembalikkan halaman buku. dan gambar yang dikertas seperti bergerak.







contoh pembuatan animasi manual dalam lembaran kertas.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, manusia telah menemukan cara yang lebih mudah untuk membuat animasi dengan bantuan komputer. Teknologi komputer animasi membantu seseorang animator membuat rangkaian gambar-gambar itu dikomputer secara mudah dan cepat.

B. BERBAGAI PROGRAM PEMBUAT ANIMASI

Kemajuan teknologi membuat film animasi dengan cepat dan mudah. komputer dilengkapi berbagai program pembuat animasi yang canggih.

Ada banyak perangkat lunak atau software pembuat animasi diantaranya Swish, Flash, Pencil, dan Pivot, Perangkat lunak swish dan flash adalah perangkat lunak animasi yang berbayar artinya jika ingin menggunakan perangkat tersebut harus membeli. sementara pencil dan Pivot adalah program animasi yang tidak berbayar artinya bisa didownload(mengunduh) diinternet dan menjalakan aplikasi tanpa harus dikenakan biaya.











Unduh rogram pencil di htttp://www.pencil-animation.org/

Soal latihan anda

1. Pencil adalah...?

    jawaban : Pencil adalah perangkat lunak yang dapat diunduh dan diinstal secara gratis melalui internet (open source)

2. Sebutkan perangkat lunak berbayar dan tidak berbayar?

jawabannya : berbayar (Swish dan Flash) dan tidak berbayar (pencil dan pivot)

3. Animasil berasal dari kata?

jawaban : To Animate yang berarti menghidupkan

4. Apa itu animasi?

Animasi adalah program pembuat objek seolah-olah dapat bergerak.

5. Sebutkan beberapa film yang dibuat dengan Teknologi komputer?

jawaban : finding nemo, upin ipin, happy feet

 demikian materi kita semoga bisa membantu....

Posting Komentar untuk "Mengenal Program Pembuat Animasi, Materi Tik 1 kelas 6 semester 2"