Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Keras Yang Dapat Dihubungkan Dengan Komputer (Peripheral) Materi TIK 6 kelas 4 semester 1

Baiklah selanjutnya pembahasan kita adalah perangkat keras tambahan komputer ,peralatan

tambahan yang digunakan untuk memaksimalkan kinerja komputer sesuai dengan kebutuhan

yang disebut dengan peripheral. silahkan disimak dan dikerjakan tugasnya yang ada di akhir

materi.

Pengertian Peripheral

Menurut wikipedia, Peripheral atau perangkat tambahan adalah perangkat keras yang dihubungkan ke komputer untuk meningkatkan kegunaannya dan membantu pekerjaan. Namun jika didefinisikan secara lebih detail Perangkat peripheral adalah sebuah perangkat tambahan yang menerima input atau mengeluarkan output pada komputer dengan tujuan membantu komputer untuk melakukan perkerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat keras yang terdapat didalam casing. Tetapi perangkat ini tidak terlibat dalam pekerjaan utama komputer, perangkat peripheral dapat dikatakan sebagai perangkat untuk meningkatkan User Experience

Perangkat Peripheral dibagi menjadi 2 yaitu:

1. Perangkat Peripheral Input

2. Perangkat Peripheral Output

Contoh Perangkat Peripheral Input

Perangkat peripheral output adalah hardware / perangkat yang menerima data dari komputer, biasanya untuk tampilan, proyeksi, dan lain sebagainya Berikut ini contoh perangkat peripheral input yang dapat kamu jumpai ketika mengoperasikan komputer.

1. Keyboard





Tanpa keyboard pasti kamu pasti akan kesulitan dalam menginput data kedalam komputer, karena itulah keyboard termasuk kedalam perangkat yang dibutuhkan sebuah komputer

2. Mouse

Mouse berfungsi untuk menjalankan cursor didalam GUI (Graphic User Interface) dan melakukan inputan dengan cara mengklik pada tombol. Mouse memiliki tiga tombol, 1 disebelah kiri untuk menselect file atau program, 1 ditengah untuk mengscroll layar, dan 1 lagi di sebelah kanan untuk memunculkan opsi menu pada layar.

3. Scanner

Scanner merupakan suatu alat yang berfungsi seperti mesin fotokopi, yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital.

LAN Card

Kartu jaringan (Inggris : Network Interface Card disingkat NIC atau juga network Card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

Modem

Modem adalah singkatan dari Modulator-Demodulator. Modulate adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bias ditransmisikan. Demodulate adalah sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital.

USB Card atau Flashdisk

Kartu USB adalah perangkat kecil yang dipasang ke port USB komputer. Alat untuk menyimpan data dengan sekala kecil.

Contoh Perangkat Output

Perangkat peripheral output adalah hardware / perangkat yang menerima data dari komputer, biasanya untuk tampilan, proyeksi, dan lain sebagainya, Berikut ini contoh Hardware output yang sering kamu jumpai saat mengoperasikan komputer

Monitor

Monitor komputer dianggap sebagai perangkat output karena dulunya monitor hanya digunakan untuk menampilkan informasi (output) dari komputer dan tidak menyediakan sumber input.

Printer

Istilah 'printer' saat ini sering digunakan untuk menyebut alat cetak yang terhubung dengan komputer.

Speaker

Speaker/loudspeaker atau dalam bahasa Indonesianya pengeras suara adalah sebuah perangkat elektronika yang berfungsi mengubah sinyal listrik (elektrik) menjadi sinyal audio sehingga dapatkita dengar sebagai suatu bunyi penjelasan singkat tentang pengertian hardware, fungsi hardware, jenis-jenis hardware, dan contoh hardware untuk menambah wawasan pengetahuan kamu. Perbedaan Perangkat Input dan Output Perangkat input merupakan perangkat pendukung yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan alat komputasi ini.Jadi,perangkat input pada komputer berarti perangkat masukan yang memberi perintah langsung berupa informasi digital pada pengguna.benda inidapat dilihat dan diraba, bukan seperti perangkat lunak komputer yang sifatnya tidak dapat diraba karena berupa 2 dimensi.

Soal Tugas latihan anda.

1. sebutkan apa saja perangkat output?

2. apa perbedaan input dan output? Jelaskan secara singkat.

3. sebutkan apa saja erangkat inputan?

4. Apa pengertian peripheral?

5. sebutkan 2 bagian perangkat periperal?

Posting Komentar untuk "Perangkat Keras Yang Dapat Dihubungkan Dengan Komputer (Peripheral) Materi TIK 6 kelas 4 semester 1"