Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Program Pembuat Animasi Materi TIK 1 kelas 6 semester 2

 

A. Sejarah Animasi

Menurut Kurniawan dalam Santi dan Purnama (2014: 45) Animasi merupakan kumpulan dari gambar-gambar diam yang ditampilkan satu persatu secara cepat sehingga gambar tersebut seolah-olah nampak bergerak. Sedangkan Menurut Firmansyah dan kurniawan (2013: 24) Animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda mati. Animasi dapat diartikan gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan, Menurut Suyanto dalam Nuriman dan Prasetyo (2017: 41) Animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak

layar. Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk sebuah pergerakan. Animasi juga artinya menghidupkan dan seseuatu usaha untuk menggerakan seseuatu yang tidak bisa bergerak sendiri Penjelasan menurut penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa, animasi adalah merupakan cara untuk menggerakkan objek gambar diam agar seolah-olah gambar nampak bergerak. Manfaat animasi sebagai media hiburan, media iklan, dan media ilmu pengetahuan, dalam proses pembuatan animasi cukup rumit serta menyita banyak tenaga dan waktu.

B. Perbedaan jenis-jenis  animasi

Dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:

1.Stop-motion animation

Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan . Tehnik stop-motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi. Wallace and Gromit dan Chicken Run , karya Nick Parks, merupakan salah satu contoh karya stop motion animation.

2.Animasi Tradisional (Traditional animation)

Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Tradisional animasi juga sering disebut cel animationmkarena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu persatu di atas cel. Dengan berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini telah dikerjakan menggunakan komputer. Teknik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih dikenal dengan istilah ANIMASI 2D. pinokio salah satu contoh animasi tradisonal buatan Waltdisney

3.Animasi Komputer

Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer. Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah.

Animasi komputer dapat di bagi menjadi 2 jenis, yaitu :

1. Animasi 2 dimensi

Figur dibuat dan diedit dengan menggunakan bitmap 2D atau menggunakan vector 2D, tehnik ini meliputi versi komputer dari tweening (gerakan inbetween yang berfungsi sebagai penghalus suatu gerakan), morphing, onion skinning ( beberapa layer dengan gambar posisi berkesinambungan supaya ilusi gerak dalam dapat ditangkap), dan rotoscope terinterolasi. Contoh Animasi 2 Dimensi:Tom And Jerry, Doraemon

2. Animasi 3 dimensi

Figur dibuat di komputer menggunakan polygon. Demi memungkinkan meshes ini bergerak diberikan rangka digital. Proses ini disebut rigging. Bermacam teknik lain dapat diaplikasikan, seperti fungsi matematika (grafitasi), bulu atau rambut simulasi, efek seperti api atau air, dan sebagainya.

Contoh Animasi 3 Dimensi : One Piece dan Final Fantasy

a. Aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat Animasi

1. Blender

2. KeyShot

3. OpenToonz

4. Toon Boom Harmony

5. Synfig

6. Moho Pro 12

7. Pencil ( aplikasi yang akan kita pelajari di kls 6)

8. Adobe Flash

b. Prinsip-prinsip dasar Animasi

1. Squash & Stretch

Prinsip pertama dalam animasi adalah Squash and strecth yang merupakan upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga -seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup.

2. Anticipation

Anticipation boleh juga dianggap sebagai persiapan/ awalan gerak atau ancang-ancang. Seseorang yang bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri. Pada gerakan memukul, sebelum tangan ‘maju’ harus ada gerakan ‘mundur’ dulu. Dan sejenisnya.

3. Staging

Seperti halnya yang dikenal dalam film atau teater, staging dalam animasi juga meliputi bagaimana ‘lingkungan’ dibuat untuk mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.

C. Pengertian Animasi

     Diantar kalian pasti ada yang perna menonton film finding nemo? Film finding nemo bercerita tentang  skor ikan  badut yang mencari anaknya yang ditangkap manusia. Jika belum pernah menonton silakan cari di youtube melalui internet.


    Apa kah kamu masih ingat apa itu animasi? Animasi berasal dari kata dalam bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati, kemudian secara berurutan disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup

   Pada mulanya untuk membuat sebuah animasi, seorang animator harus membuat dari berlembar-lembar kertas yang berisi rangkaian gambar. Setelah itu, serangkaian gambar dalam kertas dijepit dan kemudian digerakan secara cepat seperti ketika kamu membulak balikan halam buku.gambar yang ada dalam kertas itu tampak bergerak

Seiring berkembangnya teknologi yang smaking maju, manusia telah menemukan cara yang lebih mudah untuk membuat animasi dengan bantuan computer. Teknologi computer animasi membantu seorang animator membuat rangkaian gambar-gambar di computer secara cepat dan mudah.

E. Berbagai Program Pembuat Animasi

    Kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk membuat film animasi dengan cepat dan muda. Computer dilengkapi berbagai program pembuat animasi yang canggih.

    Ada banyak perangkat lunak atau software pembuat animasi. perangkat lunak itu diantaranya  adalah swish, pivot, pencil dan flash. Perangkat lunak swish dan Flash adalah perangkat lunak pembuat animasi yang berbayar. Maksud dari berbayar jika kamu ingin menggunakan perangkkat lunak trsebut kamu harus membelinya. Sementara itu  pencil dan pivot adalah program animasi yang tidak berbayar atau gratis. Kamu dapat mengunduh/download program tersebut diinternet dan menjalakan tanpa dikenakan biaya.


Sekian materi kita semoga paham sejarah animasi dan prinsip animasi serta aplikasi pembuat animasi...


Tugas latihan anda

1. Sebutkan perbedaan animasi 2D dan 3D ….

2. sebutkan 2 aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi  ….

3. sebutkan 3 dasar prinsif animasi ….

4. Bacalah sejarah dari animasi terlebih dahulu kemudian jawablah pertayaan berikut menurut kamu apa itu  animasi?….

5. program aplikasi animasi yang akan kita pelajari adalah ….

6. sebutkan film animasi yang kamu ketahui….

7. apa pengertian animasi …

 

Tulis jawabannya di kertas kemudian photo kirim ke WA atau silakan  antar tugasmu kesekolah.

 


1 komentar untuk "Mengenal Program Pembuat Animasi Materi TIK 1 kelas 6 semester 2"