Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

silabus dan Rpp

 

SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

Kelas/Semester       : 4/1

Standar Kompetensi : 1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata

Kompetensi Dasar             : 1.1. Mengenal dan menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata

Alokasi Waktu    : 1  jam pelajaran (70 menit)

 

No

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

(menit)

Sumber/ Bahan/Alat

1.1.1

Menu dan ikon aplikasi pengolah kata

·        Menyimak penjelasan tentang program aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata

·         Mengenal MS Word sebagai program pengolah kata

Uraian

5

Buku Paket, Komputer, Internet

·        Mempraktikkan cara menjalankan program pengolah kata

·         Mendemonstrasikan cara menjalankan program MS Word

Praktik

5

·        Menunjukkan menu dan ikon

·         Menjelaskan pengertian menu dan ikon dalam program pengolah kata

Uraian

5

·        Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon

·         Menerangkan fungsi menu dan ikon

Praktik

20

1.1.2

Fungsi menu dan ikon aplikasi pengolah kata

·        Membuat dokumen baru

·         Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru

5

·        Mengatur ukuran halaman

·         Memodifikasi pengaturan halaman

5

·        Mengatur posisi halaman

 

5

·        Menyisipkan wordart

        Memodifikasi jenis dan pengaturan pada teks

5

·        Mengatur format teks dan paragraf

 

10

·        Menggunakan border dan shading

 

5

 

 

Kompetensi Dasar             : 1.2. Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram

Alokasi Waktu    : 1 jam pelajaran (70 menit)

 

No

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

(menit)

Sumber/ Bahan/Alat

1.2.1

Membuat dokumen aplikasi pengolah kata

·      Membuat dokumen berisi tabel

·      Membuat tabel

Praktik

25

Buku Paket, Komputer, Internet

·      Menyisipkan gambar

·      Menyisipkan gambar

10

1.2.2

Aplikasi Internet dan Program Pendidikan

·      Mengolah informasi

·      Mengolah informasi

35

 

Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi

Kompetensi Dasar             : 2.1. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi

Alokasi Waktu    : 1 jam pelajaran (60 menit)

 

No

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

(menit)

Sumber/ Bahan/Alat

2.1.1

Menu dan ikon dalam aplikasi pembuat presentasi

·        Menyimak penjelasan tentang program aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi

·         Menjelaskan pengertian dari presentasi

 

Uraian

10

Buku Paket, Komputer, Internet

·        Menggali informasi berbagai jenis program presentasi

·         Mengenal Powerpoint sebagai program pembuat presentasi

Praktik

5

·        Mendemonstrasikan cara menjalankan program Powerpoint

·         Mempraktikkan cara menjalankan program Powerpoint

Uraian

10

·        Menunjukkan beberapa menu, tools dan ikon sesuai dengan fungsinya.

·         Mengidentifiaksi fungsi menu, tools, dan ikon dalam program pembuat presentasi

Praktik

10

Kompetensi Dasar             : 2.2. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram

Alokasi Waktu    :  1 jam pelajaran (60 menit)

 

No

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

(menit)

Sumber/ Bahan/Alat

2.2.1

Fungsi menu dan ikon dalam aplikasi pembuat presentasi

·       Menyiapkan halaman baru untuk membuat presentasi

·        Membuat halaman baru untuk membuat presentasi

Uraian

10

Buku Paket, Komputer, Internet

·       Mengatur tampilan background pada tiap halaman

·        Memodifikasi tampilan halaman dengan memanfaatkan background

Praktik

25

·       Menyisipkan tabel dalam slide

·        Membuat presentasi dengan menyisipkan gambar, tabel, dan diagram

35

·       Menyisipkan diagram dalam slide

 

70

·       menyisipkan gambar dalam slide

 

70

 


Kelas/Semester              : 5/1

Kompetensi Dasar             : 2.2. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram

Alokasi Waktu    : 1 jam pelajaran (60 menit)

 

No

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

(menit)

Sumber/ Bahan/Alat

2.2.2

Membuat slide untuk presentasi

·       Menyiapkan halaman baru untuk membuat presentasi

·         Membuat presentasi dengan tema tertentu

Praktik

10

Buku paket, Komputer, Internet

·       Mengatur tampilan slide presentasi

·         Mempresentasikan hasil karya di depan kelas dengan memanfaatkan custom aniamsi

20

·       Mengatur tampilan background pada tiap halaman slide

·          

10

·       Menggunakan wordart

·          

5

·       menyisipkan tabel dalam slide

·          

35

·       Menyisipkan diagram

·          

35

·       Mengatur tampilan slide dengan animasi yang ada dalam tools.

·          

70

·       Menampilkan presentasi karya sendiri di depan kelas

·          

Tugas individu

105

 

 

Standar Kompetensi: 3. Membuat Proyek Ketrampilan

Kompetensi Dasar             : 3.1. Membuat prakarya

Alokasi Waktu    : 1 jam pelajaran (60  menit)

No

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

(menit)

Sumber/ Bahan/Alat

3.1.1

Membuat Prakarya

·        Membuat  Ketrampilan

 

        Membuat Pin

Praktik

35

Buku paket, komputer

·         Membuat Mouse Pad

35

·         Membuat Bingkai Foto

35

Sumber : Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Standar Isi disesuaikan dengan KTSP 2006, untuk kelas 3 dan 5 dari Penerbit Erlangga.


 

SILABUS MATA PELAJARAN

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Satuan Pendidikan    :   SD

Kelas                          :   4 (empat) Semester 1

Standar Kompetensi  : 1. Mengetahui fungsi dan proses kerja perangkat TIK

Kompetensi Dasar               :

1.1.      Mengetahui sejarah dan perkembangan komputer

1.2.      Mengetahui perangkat komputer dan bagian-bagiannya

1.3.      Mengetahui macam-macam komputer

1.4.      Mengetahui perangkat keras tambahan yang dapat dihubungkan dengan komputer

1.5.      Mengetahui cara mengatasi permasalahan pada komputer

 

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

  • Pengertian komputer
  • Sejarah komputer
  • Bagian-bagian komputer
  • Macam-macam komputer
  • Fungsi Komputer
  • Perangkat keras tambahan yang dapat dihubungkan dengan komputer
  • Cara mengatasi permasalahan pada komputer

Mengamati

  • Menyimak pengertian komputer
  • Mengamati bagan perangkat penyusun komputer
  • Menyimak sejarah perkembangan komputer.
  • Menyimak arsitektur komputer
  • Mengamati macam-macam komputer

Menanya

  • Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang sejarah dan perkembangan komputer.
  • Mengajukan pertanyaan, misalnya apa saja fungsi komputer.

Eksperimen/Explore

  • Mendiskusikan apa persamaan dan perbedaan laptop dengan komputer.
  • Membuat poster dengan tema “Sayangi Bumi, Hemat Energi” dan menyimpan hasilnya di CDR.
  • Mempraktekkan cara menghubungkan flashdisk dan kartu memori ke komputer.
  • Mendiskusikan apa penyebab sebuah laptop pemuatannya sangat lama saat digunakan untuk menjalankan program.

Asosiasi

  • Membuat rumusan hasil diskusi tentang persamaan dan perbedaan laptop dengan komputer.
  • Mengidentifikasi cara flashdisk dan kartu memori ke komputer.
  • Membuat rumusan hasil diskusi tentang cara mengatasi permasalahan pada komputer yang pemuatannya lama.

Komunikasi

  • Menyampaikan hasil diskusi persamaan dan perbedaan laptop dengan komputer.
  • Menyampaikan hasil diskusi cara mengatasi permasalahan pada komputer
  • Menanggapi hasil diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
  • Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas

  • Mengisi rubrik “Ayo Berlatih”

Observasi

  • Mengamati bagian-bagian komputer.
  • Menceritakan perkembangan komputer.
  • Mengamati perangkat keras tambahan yang dapat terhubung dengan komputer.

Portofolio

  • Membuat Poster dengan tema “Sayangi Bumi, Hemat Energi”.

Tes

  • Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian
  • Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan macam-macam komputer.

12 jam pelajaran

Buku TIK, komputer

Satuan Pendidikan    :   SD

Kelas                          :   4 (empat) Semester 1

Standar Kompetensi  : 2. Mengetahui Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI)

Kompetensi Dasar               :

2.1.      Memahami pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam TIK

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

  • Pengertian HKI
  • HKI dalam TIK
  • Perangkat Lunak Komersial dan Open Source

Mengamati

  • Menyimak pengertian HKI
  • Menyimak UU yang mengatur HKI
  • Menyimak jenis pelanggaran hak cipta di TIK
  • Mengamati perangkat lunak komersial dan open source

Menanya

  • Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perangkat lunak bajakan
  • Mengajukan pertanyaan, misalnya apa perbedaan perangkat lunak komersial dengan open source.

Eksperimen/Explore

  • Mendiskusikan hasil karya TIK yang dibajak
  • Mendiskusikan penyebab pembajakan
  • Mendiskusikan cara mencegah pembajakan
  • Melakukan survei penggunaan Windows dan Linux

Asosiasi

  • Membuat rumusan hasil diskusi tentang penyebab dan cara mencegah pembajakan
  • Membuat rumusan hasil survei tentang penggunaan Windows dan Linux

Komunikasi

  • Menyampaikan hasil diskusi tentang pembajakan
  • Menyampaikan hasil survei penggunaan Windows atau Linux

Tugas

  • Mengisi rubrik “Ayo Berlatih”

 

Observasi

  • Melakukan pengamatan Windows dan Linux

 

Portofolio

  • Melakukan survei penggunaan Windows dan Linux

 

Tes

  • Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian
  • Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan macam-macam komputer.

4 jam pelajaran

Buku TIK, komputer

Satuan Pendidikan    :   SD

Kelas                          :   4 (empat) Semester 2

Standar Kompetensi  : 3. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata

Kompetensi Dasar               :

3.1.              Mengatur ukuran dan arah kertas

3.2.              Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram

3.3.              Memberikan nomor halaman

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

  • Mengatur ukuran kertas
  • Mengatur arah atau orientasi kertas
  • Memodifikasi gambar
  • Menggunakan bullets dan numbering
  • Menambahkan tabel
  • Menambahkan diagram smart art
  • Memberi nomor halaman

Mengamati

  • Menyimak penjelasan mengenai perangkat lunak pengolah kata

Menanya

  • Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang cara memodifikasi gambar
  • Mengajukan pertanyaan, misalnya bagaimana cara memberi nomor halaman

Eksperimen/Explore

  • Mendiskusikan cara mengatur arah halaman
  • Mempraktekkan cara mengatur ukuran kertas
  • Mempraktekkan cara mengatur arah kertas
  • Mempraktekkan cara memodifikasi gambar
  • Mempraktekkan cara menggunakan bullets dan numbering
  • Mempraktekkan cara menambahkan tabel
  • Mempraktekkan cara menambahkan diagram smart art
    • Mempraktekkan cara memberi nomor halaman

Asosiasi

  • Mengidentifikasi penggunaan perangkat lunak pengolah kata

Komunikasi

  • Menyampaikan hasil diskusi tentang cara mengatur nomor halaman

Tugas

  • Mengisi rubrik “Ayo Berlatih”

 

Observasi

  • Melakukan pengamatan Windows dan Linux

 

Portofolio

  • Membuat dokumen berjudul “Email” dengan membuat pengaturan arah dan ukuran kertas.
  • Memasukkan gambar dan melakukan modifikasi gambar
  • Membuat dokumen dengan penandaan bullet dan numbering
  • Membuat dokumen berisi tabel hasil wawancara
  • Membuat dokumen berisi diagram siklus kupu-kupu

 

Tes

  • Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian
  • Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan fungsi perangkat lunak pengolah kata

14 jam pelajaran

Buku TIK, komputer

Satuan Pendidikan    :   SD

Kelas                          :   4 (empat) Semester 2

Standar Kompetensi  : 4. Menggunakan web untuk kepentingan TIK

Kompetensi Dasar               :

4.1  Menggunakan web browser untuk mencari informasi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

  • World Wide web
  • Penggunaan web untuk gadget

Mengamati

  • Menyimak pengertian www
  • Mengamati  cara mengakses webnyimak UU yang mengatur HKI
  • Menyimak penggunaan qbaca

Menanya

  • Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang fungsi web.
  • Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah yang dimaksud dengan ebook?

Eksperimen/Explore

  • Melakukan praktek mengakses halaman web
  • Mendiskusikan fungsi web
  • Melakukan praktek pembuatan blog

Asosiasi

  • Membuat rumusan hasil diskusi tentang fungsi web
  • Mengidentifikasi cara mengakses halaman web
  • Mengidentifikasi cara membuat blog

Komunikasi

  • Menyampaikan hasil diskusi tentang fungsi web

Tugas

  • Mengisi rubrik “Ayo Berlatih”

 

Observasi

  • Melakukan pengamatan pengkategorian web menurut fungsinya

 

Portofolio

  • Membuat blog

 

Tes

  • Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian
  • Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan fungsi web.

4 jam pelajaran

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "silabus dan Rpp"