silabus dan Rpp
SILABUS
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas/Semester : 4/1
Standar Kompetensi
: 1. Menggunakan perangkat
lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
: 1.1. Mengenal dan menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Alokasi Waktu
: 1 jam pelajaran
(70 menit)
No |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber/ Bahan/Alat |
1.1.1 |
Menu dan ikon aplikasi pengolah kata |
·
Menyimak penjelasan
tentang program aplikasi
yang digunakan untuk mengolah kata |
·
Mengenal MS Word sebagai program pengolah kata |
Uraian |
5 |
Buku Paket, Komputer, Internet |
·
Mempraktikkan cara menjalankan program pengolah kata |
·
Mendemonstrasikan cara
menjalankan program MS Word |
Praktik |
5 |
|||
·
Menunjukkan menu dan ikon |
·
Menjelaskan pengertian
menu dan ikon dalam program pengolah kata |
Uraian |
5 |
|||
·
Mendemonstrasikan cara menampilkan dan
menyembunyikan menu dan ikon |
·
Menerangkan fungsi menu dan ikon |
Praktik |
20 |
|||
1.1.2 |
Fungsi menu dan ikon aplikasi pengolah kata |
·
Membuat dokumen
baru |
·
Mendemonstrasikan pembuatan
dokumen baru |
5 |
||
·
Mengatur ukuran
halaman |
·
Memodifikasi pengaturan
halaman |
5 |
||||
·
Mengatur posisi
halaman |
|
5 |
||||
·
Menyisipkan wordart |
Memodifikasi jenis dan pengaturan pada teks |
5 |
||||
·
Mengatur format teks dan paragraf |
|
10 |
||||
·
Menggunakan border dan shading |
|
5 |
Kompetensi
Dasar :
1.2. Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan
diagram
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran (70 menit)
No |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber/ Bahan/Alat |
1.2.1 |
Membuat dokumen aplikasi pengolah kata |
·
Membuat dokumen
berisi tabel |
·
Membuat tabel
|
Praktik |
25 |
Buku Paket, Komputer, Internet |
·
Menyisipkan gambar |
·
Menyisipkan gambar |
10 |
||||
1.2.2 |
Aplikasi Internet dan Program Pendidikan |
·
Mengolah informasi |
·
Mengolah informasi |
35 |
Standar Kompetensi
: 2. Menggunakan perangkat
lunak pembuat presentasi
Kompetensi Dasar
: 2.1. Menggunakan menu ikon
yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran (60 menit)
No |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber/ Bahan/Alat |
2.1.1 |
Menu dan ikon dalam aplikasi pembuat presentasi |
·
Menyimak penjelasan
tentang program aplikasi
yang digunakan untuk membuat presentasi |
·
Menjelaskan pengertian
dari presentasi |
Uraian |
10 |
Buku Paket, Komputer, Internet |
·
Menggali informasi
berbagai jenis program presentasi |
·
Mengenal Powerpoint
sebagai program pembuat presentasi |
Praktik |
5 |
|||
·
Mendemonstrasikan cara
menjalankan program Powerpoint |
·
Mempraktikkan cara
menjalankan program Powerpoint |
Uraian |
10 |
|||
·
Menunjukkan beberapa menu, tools dan ikon sesuai dengan fungsinya. |
·
Mengidentifiaksi fungsi
menu, tools, dan ikon dalam program pembuat presentasi |
Praktik |
10 |
Kompetensi
Dasar :
2.2. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran (60 menit)
No |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber/ Bahan/Alat |
2.2.1 |
Fungsi menu dan ikon dalam aplikasi pembuat presentasi |
·
Menyiapkan halaman
baru untuk membuat presentasi |
·
Membuat halaman
baru untuk membuat presentasi |
Uraian |
10 |
Buku Paket, Komputer, Internet |
·
Mengatur tampilan
background pada tiap halaman |
·
Memodifikasi tampilan
halaman dengan memanfaatkan background |
Praktik |
25 |
|||
·
Menyisipkan tabel
dalam slide |
·
Membuat presentasi dengan menyisipkan gambar, tabel,
dan diagram |
35 |
||||
·
Menyisipkan diagram dalam slide |
|
70 |
||||
·
menyisipkan gambar
dalam slide |
|
70 |
Kelas/Semester : 5/1
Kompetensi
Dasar :
2.2. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran (60 menit)
No |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber/ Bahan/Alat |
2.2.2 |
Membuat slide untuk presentasi |
·
Menyiapkan halaman
baru untuk membuat presentasi |
·
Membuat presentasi dengan tema tertentu |
Praktik |
10 |
Buku paket, Komputer, Internet |
·
Mengatur tampilan
slide presentasi |
·
Mempresentasikan hasil
karya di depan kelas dengan
memanfaatkan custom aniamsi |
20 |
||||
·
Mengatur tampilan
background pada tiap halaman slide |
·
|
10 |
||||
·
Menggunakan wordart |
·
|
5 |
||||
·
menyisipkan tabel
dalam slide |
·
|
35 |
||||
·
Menyisipkan diagram |
·
|
35 |
||||
·
Mengatur tampilan
slide dengan animasi yang
ada dalam tools. |
·
|
70 |
||||
·
Menampilkan presentasi karya sendiri di depan kelas |
·
|
Tugas individu |
105 |
Standar Kompetensi:
3. Membuat Proyek Ketrampilan
Kompetensi Dasar
: 3.1. Membuat prakarya
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran (60 menit)
No |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu (menit) |
Sumber/ Bahan/Alat |
3.1.1 |
Membuat Prakarya |
·
Membuat Ketrampilan |
Membuat Pin |
Praktik |
35 |
Buku paket, komputer |
·
Membuat Mouse Pad |
35 |
|||||
·
Membuat Bingkai
Foto |
35 |
Sumber :
Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Standar Isi disesuaikan dengan KTSP
2006, untuk kelas 3 dan 5 dari Penerbit Erlangga.
SILABUS
MATA PELAJARAN
TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Satuan Pendidikan
: SD
Kelas
: 4 (empat) Semester 1
Standar Kompetensi : 1.
Mengetahui fungsi dan proses kerja perangkat TIK
Kompetensi
Dasar
:
1.1.
Mengetahui sejarah dan perkembangan komputer
1.2.
Mengetahui perangkat komputer dan bagian-bagiannya
1.3.
Mengetahui macam-macam komputer
1.4.
Mengetahui perangkat keras tambahan yang dapat dihubungkan dengan komputer
1.5.
Mengetahui cara mengatasi permasalahan pada komputer
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber
Belajar |
|
Mengamati
Menanya
Eksperimen/Explore
Asosiasi
Komunikasi
|
Tugas
Observasi
Portofolio
Tes
|
12
jam pelajaran |
Buku
TIK, komputer |
Satuan Pendidikan : SD
Kelas
: 4 (empat) Semester 1
Standar Kompetensi : 2. Mengetahui Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI)
Kompetensi Dasar
:
2.1. Memahami pentingnya Hak Atas Kekayaan
Intelektual (HAKI) dalam TIK
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber
Belajar |
|
Mengamati
Menanya
Eksperimen/Explore
Asosiasi
Komunikasi
|
Tugas
Observasi
Portofolio
Tes
|
4
jam pelajaran |
Buku
TIK, komputer |
Satuan Pendidikan : SD
Kelas
: 4 (empat) Semester 2
Standar Kompetensi : 3. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
:
3.1.
Mengatur ukuran dan arah kertas
3.2.
Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
3.3.
Memberikan nomor halaman
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber
Belajar |
|
Mengamati
Menanya
Eksperimen/Explore
Asosiasi
Komunikasi
|
Tugas
Observasi
Portofolio
Tes
|
14
jam pelajaran |
Buku
TIK, komputer |
Satuan Pendidikan : SD
Kelas
: 4 (empat) Semester 2
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan web untuk kepentingan TIK
Kompetensi Dasar
:
4.1 Menggunakan web browser untuk mencari informasi
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber
Belajar |
|
Mengamati
Menanya
Eksperimen/Explore
Asosiasi
Komunikasi
|
Tugas
Observasi
Portofolio
Tes
|
4
jam pelajaran |
Posting Komentar untuk "silabus dan Rpp"