Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Program Inkscape, Materi Tik 1 Kelas 5 Semester 2

Gambar tampilan ikon inkscape 

A. Apa itu Inkscape?

       Inkscape merupakan perangkat lunak pengolah gambar vektor yang bersifat bebas terbuka di bawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah membuat perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.Inkscape tersedia untuk sistem operasi Windows, Macintosh, dan Linux. Program dan kode sumber (source code) Inkscape tersedia untuk umum pada situs resmi Inkscape sehingga siapapun dapat mempelajari dan mengembangkannya. Inkscape dapat digunakan untuk membuat berbagai gambar vektor sesuai kebutuhan,misalnya untuk membuat gambar ilustrasi pada web, ikon untuk smartphone, gambar kartun atau animasi, membuat garis sederhana, kaligrafi, logo, brosur, dan masih banyak lagi.

     Format gambar yang dibuat menggunakan Inkscape sangat handal dan dapat disebarkan melalui internet dengan mudah karena ukurannya relatif lebih kecil dibandingkan format yang dibuat menggunakan aplikasi lain sejenis. Dukungan untuk berbagai format telah ditambahkan termasuk untuk berbagai browser dan smartphone masa kini. Inkscape mendukung gambar dengan bentuk biasa (misal; persegi panjang dan lingkaran), garis, dan teks. Setiap object dapat dimodifikasi dan diberi warna sendiri. Hyperlink dapat ditambahkan sehingga gambar dapat digunakan pada web browser karena program Inkscape tujuan utamanya adalah untuk membuat gambar dengan format XML, SVG, dan kompatibel dengan script CSS. Saat ini Inkscape masih terus dikembangkan, hal ini dapat dilihat dengan adanya penambahan fitur dan antarmuka baru pada setiap rilis versi barunya.

B. Sejarah Inkscape

Inkscape dirintis pada tahun 2003 sebagai sebuah fork dari proyek Sodipodi. Proyek sodipodi sendiri sudah dikembangkan sejak tahun 1999 dengan menggunakan dasar Gill (Gnome Illustration Application) karya Raph Levien. Fork tersebut dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang yaitu: Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY, yang mana ke-empat orang tersebut lebih mengenali perbedaan dari tujuan project tersebut karena mereka juga adalah pengembang

Sodipodi. Keterbukaan untuk pihak ketiga agar dapat berkontribusi, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking inkscape.

Dengan inkscape mereka berpendapat bahwa fokus dan pengembangan untuk penerapan standar SVG dapat dilakukan secara lengkap, hal ini sedikit berbeda dengan pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan sebuah program editor grafik vektor seperti pada umumnya yang mengorbankan implementasi SVG.

Sejak dikembangkan dalam fork tersebut, Inkscape yang semula menggunakan bahasa pemrograman C ke C++, berubah menggunakan GTK+ toolkit C++ y (gtkmm), antarmuka inkscape kemudian dirancang ulang sehingga lebih mudah jika ada penambahan fitur baru. Penerapan terhadap standar SVG telah menunjukkan perbaikan yang signifikan, meski sampai saat ini belum lengkap karena SVG sendiri hingga kini masih terus dikembangkan. Berita baik kemudian muncul setelah Xara meluncurkan rencana akan merilis aplikasi untuk melukis Xara Xtreme sebagai proyek Open Source, mereka mengungkapkan minat untuk bekerja sama dengan inkscape agar kedua proyek ini dapat saling berbagi kode. Tujuannya adalah sebuah proyek dengan koordinasi yang baik sehingga tercipta aplikasi pengolah grafik open source yang lebih hebat dari pengolah grafik apapun. Sejak tahun 2005 Inkscape ikut serta di dalam Summer of Code, sebuah program yang dikembangkan Google. Sejak bulan November 2007 sistem pencarian kesalahan program inkscape ditanam ke Sourceforge.

C. Apa Itu SVG

SVG adalah singkatan dari Scalable Vector Graphics dan merupakan format file baru untuk menampilkan grafik dalam pengembangan web yang berbasis XML (eXtensible MarkupLanguage).SVG telah direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium (W3C) untukmenampilkan grafik serta mendeskripsikan gambar 2 dimensi dalam pengembangan webyang berbasis XML. SVG mengijinkan tiga tipe dari object grafis, yaitu bentuk vektor grafis(misalkan path yang terdiri dari garis lurus dan kurva), gambar, dan teks.SVG dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai macam variasi object grafis, dan jugamenyediakan bentuk dasar umum seperti bujur sangkar dan elips. SVG memberikanpengendalian kualitas melalui sistem koordinat dari object grafis yang telah didefinisikan dan transformasi yang digunakan selama proses render.

D. Perbedaan Vektor dan Bitmap

Dalam dunia desain grafis pada umumnya terdapat dua jenis gambar yang sering digunakan yaitu Vektor dan Bitmap.

a. Vektor

Gambar vektor merupakan gambar yang terbentuk dari sejumlah garis atau kurva dan shape, maka dari itu gambar dengan format vektor apabila diperbesar tidak akan mengalami penurunan sehingga kualitasnya gambar tetap baik.

b. Bitmap

Gambar Bitmap sering juga disebut Raster, tampilan gambar jenis ini terdiri dari titik-titik atau piksel, gambar dengan format Bitmap jika diperbesar menjadi ukuran tertentuakan terlihat kotak-kotak. 

Gambar perbedaan vektor dan bitmap

E. Keuntungan Menggunakan SVG

Keuntungan menggunakan SVG dibanding format gambar yang lain:

File dengan format SVG dapat dibaca secara langsung menggunakan hampir semua

web browser .

File dengan format SVG berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan format

gambar JPEG dan GIF. .

Gambar dalam format SVG dapat dicetak dengan kualitas yang tinggi dan sama

baiknya pada berbagai resolusi.

Gambar dalam format SVG bersifat zoomable yang artinya setiap bagian dari gambar

dapat diperbesar dan diperkecil tanpa mengalami penurunan kualitas. Hal ini berbeda

dengan gambar Bitmap.

Text dalam SVG selectable dan searchable (sangat berguna dalam peta).

SVG dapat bekerja dengan teknologi Java dan mendukung script CSS.

SVG merupakan open standard.

SVG adalah murni XML.

F. Antarmuka Inkscape

Inkscape memiliki Antarmuka mirip aplikasi pengolah grafis vektor komersial Corel Draw yang sering digunakan pada sistem operasi Microsoft Windows, namun fungsinya tidak hanya sekedar seperti Corel Draw tapi mirip gabungan antara Corel Draw, Freheand, dan Adobe Illustrator.

a. Mouse

Dalam pengoperasian program inkscape, sebagian besar pekerjaan dilakukan dengan menggunakan mouse. Agar lebih mudah pada saat menggunakan inkscape, maka harus mengenal fungsi dan istilah dalam penggunaan mouse, berikut ini beberapa fungsi dan istilah pada mouse:

 b. Tombol kiri

Tombol ini berguna untuk menjalankan suatu perintah pada program komputer

c. Tombol kanan

Memunculkan sebuah menu, isi menu tergantung pada program dan kondisi yang sedang

digunakan, istilah penggunaan tombol ini ialah klik kanan.

d. Tombol Scroll atau Tombol tengah

Kebanyakan mouse sekarang telah dilengkapi tombol di bagian tengah berbentuk roda,

fungsinya untuk menggulung layar atau scroll. Pada program tertentu dapat juga menjalankan perintah dengan menekan tombol ini.

a Istilah Pada Mouse

Berikut ini penjelasan singkat mengenai istilah dalam menggunakan mouse:Klik Kiri Menekan satu kali secara singkat tombol mouse di bagian kiri dengan jari telunjuk, atau sering disebut klik saja. Klik Kanan Menekan satu kali secara singkat tombol mouse di bagian kanan dengan jari tengah. Klik Dua Kali Menekan tombol kiri mouse sebanyak dua kali berturut-turut dalam waktu singkat. Seret dan Lepaskan Menahan tombol kiri mouse sambil membawa kursor ke tempat-tempat tertentu, kemudian melepaskannya, seret dan lepas sering juga disebut drag and drop. Yang dimaksud melepaskan adalah melepas tekanan pada salah satu tombol mouse, bukan melepaskan pegangan pada mouse. sekian dan terimah kasi.

Soal Latihan Anda...

1.      1.  Jelaskan secara singkat sejarah program inkscape?

2.      2. Apa kepanjangan dari SVG?

3.     3.  Inkscape berjalan pada sistem operasi saja, sebutkan?

4.      4. Apa perbedaan Vector dan Bitmap?

5.      5. Sebutkan 4 bagian mouse yang digunakan pada program inkscape?

6.      6. Sebutkan program yang mirip antaramukanya dengan program inkscape?

Selamat mengerjakan……



Posting Komentar untuk "Mengenal Program Inkscape, Materi Tik 1 Kelas 5 Semester 2"